Teknik dan Umpan Mancing Ikan Wader Paling Mudah

Seperti yang kita ketahui, ikan wader merupakan salah satu ikan yang mudah kita temui seperti disungai, pesawahan atau di danau. Salah satu tempat yang paling disukai ikan wader adalah sungai dengan arus yang cukup besar ataupun spot yang terdapat banyak bebatuan, karena ikan wader mencari makanan berupa  hewan-hewan kecil yang banyak terdapat disekitaran bebatuan tersebut.

Ikan wader sangat banyak diminati terutama oleh para pemancing liar, karena ikan wader mempunyai tenaga yang lumayan kuat saat melakukan perlawanan walaupun kita tahu ukuran tubuhnya hanya seukuran 2 jari orang dewasa. Untuk memancing ikan wader kita harus tahu alat pancing, teknik dan umpan yang tepat. Mau tahu caranya? yuk simak artikelnya sampai habis!

A. Pemilihan Alat Pancing Yang Tepat Untuk Ikan Wader

  1. Joran

Memilih joran untuk memancing ikan wader sangat diperlukan, karena sensasi strike dari ikan wader sangat luar biasa kuatnya. Untuk spot sungai yang mempunyai lebar kurang dari tiga meter, kita bisa gunakan joran maksimal panjang 130cm dengan kelenturan yang pas atau ujung joran tidak ditekuk sampai gagang joran. Selanjutnya untuk danau yang lebih luas bisa disesuaikan dengan spot mancing yang kita tuju. Yang terpenting adalah kelenturan joran diujung sampai tengah joran bisa memberikan sensasi strike yang memuaskan.

  2. Senar

  • Untuk sungai dengan aliran arus yang cukup deras dengan kedalaman lebih dari 1 meter lebih baik gunakan senar monofilament  yang berukuran 1.5 lbs – 2.5 lbs dan disesuaikan dengan bandul pemberat untuk arus derasnya, agar tidak cepat terbawa arus.
  • Dan untuk arus yang lambat dengan kedalaman spot kurang dari 1 meter dianjurkan menggunakan senar 0.5 lbs sampai 1 lbs monofilament dengan settingan pelampung.

  3. Kail

Menentukan besar kecilnya kail untuk memancing ikan wader memang sangat penting, karena mulut ikan wader sangat kecil sesuai dengan badan ikan wader sendiri. Untuk emancing ikan wader, saya rekomendasikan menggunakan kail karbon biru berukuran 0.1 samapi 0.8 atau sejenisnya. Kail ini mempunyai diameter kawat yang sangat kecil dan kuat dengan bentuk seperti crulit, sangat efektif untuk mancing wader disegala spot.

B. Teknik Mancing Ikan Wader

Teknik mancing ikan wader untuk arus deras lebih efektif dengan teknik glosor dan umpan berada di bawah pemberat.

C. Umpan Mancing Ikan Wader

Memilih umpan yang jitu untuk mancing ikan wader juga harus disesuaikan dengan spot mancingnya. Ada beberapa jenis umpan yang efektif menaklukan ikan wader dengan mudah diantaranya :

  • Cacing sawah
  • Ulat batu (terdapat di bebatuan sungai dangkal dan berlumut)
  • Ulat pohon pisang
  • Laron
  • Kecoa batu (dibebatuan pinggir rumah)

Umpan di atas merupakan beberapa umpan alami yang sangat jitu apabila digunakan saat air keruh dan agak meluap seperti setelah hujan reda. Itulah beberapa tips memancing ikan wader paling ampuh dan cukup mudah. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi para hobi mancing ataupun pemula yang akan memancing ikan wader. Selamat mencoba ∼

Baca juga resep resep umpan jitu lainnya :

Umpan Ikan Tawes

Racikan Umpan Ikan Nilem

Artikel Pencarian :

    Umpan jitu wader gunung

BARRACUDA ESSENCE

Distributor dari produk BARRACUDA ESSENCE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *